coba

Monday 24 March 2014

Tahukah Anda? Kandungan Gizi yang ada pada Tiwul



Satu hal yang tak pernah saya lewatkan ketika belanja di pasar yaitu membeli jajanan pasar dan salah satunya adalah  tiwul.  Tiwul merupakan makanan khas Gunungkidul, namun tak hanya di Gunung kidul saja kita bisa mendapatkan makanan tersebut. Di jogja dan di pasar-pasar tradisional pun sekarang sudah dapat kita temukan.

Olahan tiwul memang tak hanya Nasi Tiwul saja, namun juga bisa menjadi kudapan dan berbagai hal lainnya sesuai kreasi yang terus berkembang dalam bidang kuliner. Seiring berjalannya waktu tiwul sekarang hadir dalam berbagai kemasan Instan yang bisa kita dapatkan disepanjang jalan Wonosari dengan harga mulai Rp 5.000,-

Pagi ini, seperti biasa saya duduk di depan Komputer ditemani sajian the hangat yang manis serta sebungkus tiwul. Tiwul dengan perpaduan rasa gurih dan sedikit rasa manis atau pun asin merupakan ciri khas dari gatot.
Di samping itu, teksturnya yang kenyal ditambah dengan sedikit kasar parutan kelapa menambah eksotisme tersendiri saat saya mengunyah makanan khas Gunungkidul ini.


Dengan mengonsumsi tiwul membuat rasa kenyang Anda dapat bertahan lebih lama atau dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah awet wareg karena secara medis alat pencernaan butuh waktu lebih lama untuk mengolahnya.

 Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya.

Nah berikut Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi yang ada Pada Tiwul :
Bagian Tiwul yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Tiwul = 342 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tiwul = 2,3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tiwul = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tiwul = 38,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tiwul = 27 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tiwul = 61 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tiwul = 7,6 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tiwul = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tiwul = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tiwul = 0 mg
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Karena Tiwul memiliki Kandungan karbohidrat yang tinggi, maka makanan berbahan dasar telo ini layak untuk dicoba dan dikonsumsi.



No comments:

Post a Comment