coba

Sunday, 16 March 2014

Mari Mengenal Pak Jokowi lebih dekat !!



Beberapa Hari yang lalu ramai diperbincangkan dijejaring sosial baik di twitter maupun Path terkait dengan #JKW4P yang artinya Jokowi For President, langsung menjadi Trading  topic   atau topic terhangat  yang gencar  di bicarakan  menjelang Kampanye dan Pemilihan Presiden 2014 Indonesia mendatang.
Sejak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan kesanggupannya untuk menjadi calon Presiden Indonesia 2014 sebagai kandidat dari Partai PDI P banyak sekali Pro dan Kontra Warga dengan pernyataan tersebut.

Banyak yang berpendapat jika Jokowi akan kalah kalau beliau maju di kampanye 2014 kali ini , karena apa? Orang masih menunggu hasil kerja serta janji-janji jokowi dulu ketika beliau menyalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta, diantaranya : Beliau berniat membenahi transportasi publik di ibukota Jakarta. Barangkali Kalau beliau menyalonkan diri Presiden di masa yang akan datang akan berbeda hasilnya dengan sekarang. Tapi kita lihat saja nanti.


Namun, Tahukah Kita siapa Joko Widodo atau yang lebih kita kenal dengan nama Jokowi yang hobi blusukan dan menyambangi rumah-rumah  warga tersebut?   Ir. H. Joko Widodo yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 lebih dikenal dengan nama julukan Jokowi adalah pengusaha mebel dan Beliau merupakan Walikota Surakarta (Solo) selama dua kali masa bakti 2005-2015. Dalam masa jabatannya, ia diwakili F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota.

Ketika itu, dia dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Tahun 2012 ini, Beliau bersama dengan Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Ahok) maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Nama Lengkap : Ir. Joko Widodo
Lahir : Surakarta, 21 Juni 1961
Partai politik : PDI Perjuangan
Istri : Ny. Hj. Iriana Joko Widodo
Anak: Gibran Rakabumi Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangerap
Agama : Islam - Hobby : Penikmat musik rock

Riwayat Pendidikan :
- SDN 111 Tirtoyoso Solo, SMPN 1 Solo, SMAN 6 Solo
- Almamater : Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta lulusan 1985
Pekerjaan : Pengusaha, Eksportir Mebel, Walikota Solo 2005-2010 dan 2010-2015

Menurut sebuah sumber, Gubernur baru DKI Jakarta Joko Widodo memiliki kisah masa kecil yang unik. Jokowi kecil sempat merasakan pahitnya kehidupan saat rumahnya tergusur. Masa kecil Jokowi diwarnai canda dan tawa, dengan sesekali diselingi tangisan. Rumah petak sekaligus tempat usaha kayu ayahnya di daerah Cinderejo Lor, digusur dan dijadikan pusat jasa travel.

Sang bunda menuturkan bahwa Jokowi kecil adalah sosok pendiam, namun pandai bergaul. Banyak yang mengenal Jokowi sebagai orang yang selalu mengalah, untuk menghindari pertengkaran. Sikap tersebut diwarisi Jokowi dari kedua orangtuanya yang selalu mengajarkan makna ikhlas dan bertanggung jawab.

Berbeda dengan anak-anak kebanyakan, Jokowi selalu berjalan kaki menuju sekolahnya, disaat yang lain memamerkan sepeda ontel terbaru. Menurut Jokowi kala itu, sekolah tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga berjalan kaki pun tidak menjadi masalah.

Bakti kepada orangtua ditunjukkan Jokowi tak hanya lewat sikap, namun juga sejumlah prestasi. Saat menjadi Walikota Solo hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta, orang-orang yang mengenalnya tidak pernah menyangka perjalanan hidup Joko kecil. Sosok jokowi sangat dicintai rakyatnya.

Dukungan warga Solo tak pupus, termasuk saat Jokowi maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anak tukang kayu itu pun, kini menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta. . Ada pendapat seperti ini : Orangnya ndeso kok luar biasa, bisa menang di Jakarta," ucap Sutarti, tetangga Jokowi.

Sikap rendah hati Walikota solo ini tidaklah dibuat-buat. Bagi Masyarakat Solo, Jokowi adalah sosok pemimpin yang sangat peduli dengan kehidupan mereka. Di lorong pasar dan jalan-jalan di Kota Solo, Pak Jokowi sering sekali mengobrol dan mendengarkan keluh kesah rakyat tanpa jarak.

Ada satu fakta yang sangat mengejutkan, Jokowi belum pernah mengambil gajinya selama menjabat sebagai seorang Walikota dan Mobil yang ia pakai sebagai mobil dinas saat ini hanyalah "warisan" mobil dinas pendahulunya yaitu Bapak Slamet Suryanto.

Begitulah Sosok Pak Jokowi Yang selama ini kita kenal rendah hati, bersahaja serta apa adanya…

2 comments:

  1. keren mbak , artikelnya mudah dipahami hehe :D
    pengen nulis yang model ginian , tapi blm bisa hehe :D
    cuman nulis2 tok ....
    kosa katanya masih banyak yang kurang bagus ...

    ReplyDelete
  2. Pasti bisa mas Topo. ini juga masih harus banyak belajar saya :)
    semangattt Blogging mas !!

    ReplyDelete