coba

Friday 14 March 2014

Instagram, Tumblr, dan Pinterest



Instagram adalah sebuah layanan aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, serta membagikannya ke berbagai layanan  jejaring social termasuk  ke instagram sendiri. Fitur unik yang dimiliki Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga Gambar yang dihasilkan Seperti hasil kamera Kodak Insamatic dan Polaroid.Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Aplikasi Instagram dimiliki oleh Facebook sejak tanggal 9 April 2012 dan sangat populer di kalangan pengguna handphone yang bersistem operasi Android. Sebelum disediakan untuk Android, Instagram hanya bisa dijalankan di iOS, tetapi Android lah yang sangat mempengaruhi kepopuleran Instagram.
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang hendak ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.


Tumblr, sesuai logonya, adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk media untuk blogging, mirip seperti blogger, wordpress, typepad dll. Hanya saja Kelemahan blog Tumblr : kurang SEO friendly dibanding wordpress/blogger Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Perbedaan blog lain dgn Tumblr : Di tumblr post dibagi menjadi 5 yaitu: Quote, teks, photo, chat, link, audio, video. Selain itu Tersedia pula fitur Re-Blog artinya kita bisa me Re-Post posting dari tumblr blog orang lian ke blog kita.
Dan satu lagi alasan kenapa memilih Tumblr ? karena, telah tercatat 300 Juta pengunjung (unique visitors) tiap bulannya (data dari yahoo).




Pinterest adalah sebuah situs image bookmarking atau semacam situs social bookmark yang khusus untuk mem-bookmark file gambar atau papan bulletin. Situs ini berbeda dengan blog yang menjadi media ekspresinya berupa tulisan dengan disertai media lain seperti gambar atau video. Berbeda pula dengan youtube yang menjadi media ekspresinya berupa video. Berbeda pula dengan facebook atau twitter yang menonjolkan “kata-kata galau atau narsis serta tempat berkeluh kesah”.
Situs pinterest memberikan “board” atau papan tempel bagi anggota websitenya. Setiap anggota dapat menempelkan gambar atau “kertas tempel” seperti di mading kelas. Pinterest lebih mirip ke Tumblr namun lebih mengkhususkan ke aktivitas tempel-tempel gambar berdasarkan kategori-kategori tertentu..



No comments:

Post a Comment