coba

Sunday 16 March 2014

Menikmati Indahnya Senja di Pantai Parangtritis

Yogyakarta selain terkenal dengan predikatnya sebagai kota pelajar, juga terkenal sebagai kota seni dan budaya serta juga kota wisata. Banyak tempat atau tujuan wisata di jogja yang perlu kita ketahui dari peninggalan candi, pasar tradisional, serta pantai yang begitu banyak dan indah yang bisa dijadikan referensi liburan kita di akhir pekan.


Parangtritis merupakan sebuah objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain dengan mitosnya tentang Nyi Roro Kidul di mana banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan juga karena mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya.

Selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.


Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pkl 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini.

Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.
Di Parangtritis ada juga beberapa permainan seperti ATV, kereta kuda dan kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara atau aeromodeling. Untuk tarif ATV dibandrol sekitar Rp 50.000-100.000.

Sore itu saya dan teman saya bermain ke Parangtritis, kami berangkat dari kost setelah ashar, sengaja kami kesana sore hari karena ingin menikmati suasana senja dipantai tersebut, melihat matahari terbenam sambil nongkrong dipinggiran pantai sambil menikmati jagung bakar. Namun karena sampai di pantai Parangtritis belum terlalu sore, kala itu mungkin sekitar pukul empat jadi saya menyewa kuda putih dari seorang bapak yang sedang menyewakan kuda-kudanya tersebut.

Tidak cukup mahal hanya dengan Rp 25.000 kita sudah dap at jalan-jalan menyusuri pantai menggunakan kuda tersebut jika Anda takut untuk menaiki kuda tersebut sendirian, jangan khawatir karena bapak pemilik kuda tersebut akan memandu kita dari belakang serta memegangi kita. Tapi bagi kita yang sudah biasa naik kuda tidak perlu dipandu karena kita bisa mengendalikan kuda tersebut sendiri. Ini nih foto kami dengan Kuda Putih.
Nah, selain Keindahan pemandangan serta permainan yang ditawarkan di pantai tersebut, terdapat juga beberapa losmen dan hotel dengan harga terjangkau bagi kamu yang ingin menginap berhari-hari dan liburan bersama keluarga.

Pantai ini juga recommended sekali untuk dikunjungi. So. Buat temen-temen yang bingung akhir pekan mau kemana? Sekali-kali mampir ke Jogja dan bermain ke pantai Parangtritis yang terletak di Desa Kretek Bantul adalah jawaban yang tepat.


No comments:

Post a Comment