coba

Thursday 13 March 2014

Penyebab Not Responding pada Komputer/Laptop



Seringkali saya atau bahkan mungkin anda mengalami hal serupa, di mana ketika baru membuka sebuah aplikasi pada Komputer terkadang tiba-tiba Not Responding dan berhenti untuk beberapa saat sehingga membuat kinerja kita terganggu dan menjadi lama, setelah saya browsing dan akhirnya menemukan jawabannya.Nah inilah beberapa penyebab Komputer kita sering Not Responding, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      OS yang Rusak
Perlu dicek Operating System yang kita gunakan Bisa jadi sudah rusak atau mungkin terkena virus, sehingga menyebabkan error Not Responding.
Cara termudah dan tergampang adalah dengan menginstall ulang Operating System yang anda gunakan, tapi jangan lupa untuk Memback Up atau Mengcopy data kita terlebih dahulu ke computer lain sebelum di install ulang.


2.      Hardisk
Terjadinya not responding tidak hanya di akibatkan oleh software yang digunakan, namun juga terjadi karena hardware yang digunakan telah mengalami kerusakan atau eror. jadi komputer membutuhkan waktu lama untuk meload hardisk.

3.      Tampilan yang berlebihan
Tampilan komputer yang menarik memang menjadi sebuah keinginan tersendiri. Tapi taukah anda? kalau mempunyai komputer dengan tampilan yang berlebihan justru akan mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat dan berat. Contohnya terlalu banyak memasang widgets yang tidak bermanfaat, seperti widgets jam, cuaca dan widget yang tidak perlu lainnya, atau tema yang justru membuat komputer kamu menjadi lebih lambat dan sering mengalami not responding.
Hal ini mengakibatkan RAM yang digunakan menjadi lebih lambat karena RAM yang anda pakai tidak sepadan dengan aplikasi atau tampilan yang dipasang. RAM inilah yang menerima semua beban khususnya tampilan komputer. Semakin banyak tampilan yang kamu pasang di komputer mengakibatkan RAM yang anda miliki akan menjadi lambat untuk meload semua tampilan pada komputer anda.


4.      Aplikasi yang terlalu banyak
Banyaknya aplikasi pada komputer justru akan mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat. Karena proses yang dilakukan akan semakin banyak dan berat. Akibatnya komputer anda akan menjadi lambat dan sering mengalami not responding.
Untuk mengatasi masalah ini, harus meng-uninstall aplikasi yang mempunyai kapasitas yang terlalu besar dan tidak bermanfaat. Sebaiknya install aplikasi yang bermanfaat dan benar-benar dipakai.


5.      Debu & Kotoran
Terkadang Debu dan Kotoran kita anggap sepele, tapi justru hal itu juga menjadi salah satu penyebab computer anda mengalami Not Responding, Untuk itu Sebisa mungkin kita Rawat dan bersihkan Komputer Minimal sebulan sekali agar Performa computer tidak menurun.
 

No comments:

Post a Comment