coba

Thursday 13 March 2014

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan



Allium sativum atau biasa disebut juga dengan bawang Putih, tentunya kita tahu dengan bumbu dapur yang satu ini, yang terkenal dengan bau yang sangat menyengat ketika kita memakannya ternyata banyak memiliki banyak manfaat. 

Selain mudah kita mendapatkannya Bawang putih mengandung zat
aktif,awcin,sinistrine,selenium,scordium,nicotinic acid,awn,enzim alinase,germanium, dan sativine. Selain itu juga mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptic,antibakteri dan analgesic. Oleh sebab itu bawang putih baik dikonsumsi setiap hari. Dan disini saya akan sedikit membahas tentang kegunaan bawang putih bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1.      Obat Batuk dan Pilek
Bawang putih dikenal dapat menyembuhkan penyakit batuk, Pilek dan Flu yang disebabkan oleh alergi karena bawang putih kaya akan sumber Vitamin C  dengan anti oksida dan anti bakteri yang kuat.Selain itu bawang putih juga mempunyai kemampuan mengurangi infeksi saluran pernafasan bagian atas yang parah.
Berikut cara untuk mengobati Batuk, cukup kita ambil beberapa bawang putih lalu kita tumbuk sampai halus serta tambahkan susu 1 gelas air susu, kemudian kita panaskan kurang lebih 2menit, dan diminum 3 kali sehari.

2.      Anti Kanker
Dalam sebuah Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam bawang putih membantu dalam mengatasi penyakit kanker.senyawa-senyawa tertentu dapat membantu sel-sel darah putih dalam tubuh terhadap sel-sel kanker. Serta Menghambat dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.  

3.      Diabetes
Mengkonsumsi Bawang putih setiap hari ternyata dapat meningkatkan tingkat sekresi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.

4.      Kolestrol dan Tekanan Darah
Bawang Putih dapat Membantu menurunkan Kolestrol serta tekanan darah dalam tubuh karena kandungan gizi dan mineral yang dikandungnya.

5.      Sistem Imun
Bawang putih dapat meningkatkan Produksi sel darah putih dan enzim interferon yang dapat meningkatkan system kekebalan pada tubuh. Oleh sebab itu jika kita mengkonsumsi bawang putih setiap harinya maka system kekebalan tubuh kita akan meningkat.

6.      Meningkatkan Kinerja Otak
Senyawa sulfur sallylcystein membantu meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan memori dan mencegah degenerasi lobus Frontal Otak.

7.      Obat Infeksi
Allicin dan Anti bakteri, Anti Virus, Anti Jamur dan sifat Anti parasite yang terkandung dalam bawang putih membuatnya sangat bermanfaat dalam melawan dan menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis infeksi.

Demikian Beberapa Manfaat bawang putih bagi kesehatan Tubuh…….

No comments:

Post a Comment