coba

Saturday 22 March 2014

Cara Membuat Autosave Otomatis pada Ms.Word



Bete bukan rasanya kalau kerjaan kita lagi numpuk dan sedang kejar deadline, tiba-tiba listrik mati dan computer yang sedang kita gunakan tiba-tiba juga ikut mati, terlebih lagi banyak dokumen yang belum sempat kita save.

Saya dulu sering, karena memang Listrik dirumah saat itu tidak stabil dan sering banget mati, padahal dokumen dan ketikan saya belum sempat saya save. Sudah gitu tidak ada back up nya lagi. Saya pikir kalau setiap hari begini, saya juga capek dan repot harus mengetik tiap hari, bukanya hal itu tidak efektif dan efisien.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi lagi, akhirnya saya berinisiatif untuk mencari cara agar   dokumen-dokumen saya selanjutnya bisa selamat dari kemungkinan terburuk mati listrik dan sebagainya.


Ternyata pada Microsfot Office sebenarnya aplikasi atau cara untuk menyimpan secara otomatis tersebut sudah ada, hanya saja waktu itu saya yang terlalu kudet sehingga tidak memanfaatkan cara tersebut. Autosave yaitu cara menyimpan dengan otomatis. 

Nah bagi teman-teman yang belum tau, disini saya ingin share sedikit caranya :
1.Yang pertama tentunya kita buka dulu Mw.word atau tampilan dokumen yang akan kita atur. Sebagai contoh :



 2.selanjutnya kita lihat di menu save, akan terlihat beberapa pengaturan di kolom sebelah kanan, untuk mengatur autosave tersebut. Mari ikuti langkah berikut.
Klik : File-Option-Save sehingga akan muncul tampilan seperti berikut :



 Untuk waktu autosave serta tempat untuk penyimpanan dapat kita tentukan dan atur sendiri. seperti contoh di atas, saya membuat save otomatis setiap 5 menit.


Jika sudah selesai mengaturnya, kemudian bisa kita klik OK. Nah akhirnya selesai sudah dan dokumen kita aman. Selamat mencoba !!

No comments:

Post a Comment