coba

Sunday 20 April 2014

#Kartini's Day

We know she...Kartini ??
Kartini dikenal sebagai sosok pembela emansipasi perempuan Indonesia, setiap tgl 21 April kita sebagai bangsadan tentunya anak sekolah Indonesia  selalu memperingati kelahirannya dengan menggunakan busana khas kebaya lengkap dengan sanggul ala angsawan jawa, busana yang dikenang sebagai sosok Ibu kita kartini.

Sosok wanita jawa yang patuh terhadap peraturan adat istiadat serta memiliki pemikiran-pemikiran yang radikal yang penuh semangat pemberontakan dan pembelaan terhadap nasib wanita.

Pemikiran inilah yang mebuat kartini dinobatkan sebagai pahlawan nasional,sebagai wujud penghormatan terhadap perjuangannya mencapai kesetaraan hak setiap perempuan indonesia.

Diangkat dari sebuah buku yang berjudul "Panggil Aku Kartini Saja" yang sinoposisnya kurang lebih sebagai berikut :
Sinopsis Buku:
Biografi ini mengajak mengingat Kartini, tapi bukan dari sudut pandang domestik rumah seperti dia adalah gadis pingitan lalu dinikahkan secara paksa lalu melahirkan lalu mati. Coba singkirkan kenangan itu dan alihkan pikiran pada bagaimana cara Kartini melawan itu semua, melawan kesepian karena pingitan, melawan arus kekuasaan besar penjajahan dari dinding tebal kotak penjara Kabupaten yang menyekapnya bertahun-tahun.

Kartini tidak punya massa, apalagi uang. Uang tidak akrab dengan perempuan hamba Kartini. Yang dipunyai Kartini adalah kepekaan dan keprihatinan dan ia tulislah segala-segala perasaannya yang tertekan itu. Dan hasilnya luar biasa, selain melambungkan nama Kartini, suaranyabisa didengar sampai jauh, bahkan sampai ke negeri asal dan akar segala kehancuran manusia Pribumi. Pramoedya Ananta Toer merekam itu semua dengan tajam dan penuh pesona yang kemudian membedakannya dengan uraian dan tafsir mana pun atas sosok Kartini.
Kita sebagai Kartini masa kini hendaknya juga harus ikut membela emansipasi wanita di Indonesia, kalaupun belum sanggup, mari kita mengemansipasi diri kita sendiri terlebih dahulu.
"Kala kehidupan memberi seribu alasan untuk menangis,tunjukkan bhw kita mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum. Nikmati setiap detik wkt dan akhri kelelahan dlm menghadapi sesuatu dg keikhlasan kala hati kita tdk tenang. Maka lakukan apa yg bs membuat hati org lain jd tenang karena indahnya hidup bukan krn seberapa bnyk org mengenal kita tp seberapa bnyk org bahagia karena kita.

Selamat Hari Kartini
21 April 2014

No comments:

Post a Comment