Barangkali anda pernah mengalami kerusakan USB flashdisk atau mungkin flashdisk anda tidak terbaca ketika dihubungkan ke komputer? Ini bisa jadi akibat virus. Virus tersebut bermacam-macam. Ada jenis virus yang dapat menyembunyikan fle atau menduplikasi file sehingga terdapat banyak folder dan file atau yang lebih parah adalah menghapus data-data yang ada dalam flashdisk.


Selain karena virus penyebab lain adalah karena memang USB flashdisik sudah ‘corrupt’ atau rusak. Tetapi anda harus jeli atau dapat mengenali terlebih dahulu apakah penyebabnya karena virus atau memang flashdisk yang sudah corrupt?



Beberapa masalah biasa yang sering dijumpai bagi pemilik flashdisk. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, kenapa flashdisk tidak bisa terbaca:

1. Flashdisk rusak secara fisik
2. Setinggan bios, Windows bermasalah
3. Port USB rusak (Port = tempat nyolok USB)
4. Kemungkinan ada masalah pada driver USB

Pengalaman saya ketika hendak memindah data ke laptop, waktu itu saya coba colokin flashdisk di laptop namun tidak terdeteksi sama sekali,kemudian flashdisk saya lepas lalu saya colokin lagi kemudian saya refresh,namun 2 kali saya melakukan hal yang sama ternyata tetap saja tidak terbaca.Kebetulan waktu itu laptop kakak juga nganggur, akhirnya saya coba colokin flashdisk tersebut ke laptop kakak,namun hasilnya sama saja tidak terdeteksi.

Akhirnya setelah beberapa cara gagal saya lakukan,saya putuskan untuk melakukan langkah-langkah berikut untuk memformat flashdisk saya, Nah bagi anda yang mengalami hal sama dengan saya,bisa mencoba langkah berikut :

1. Klik Start, lalu pilih Run
2. Kemudian ketik “compmgmt.msc” tanpa spasi dan tanda kutip, tekan enter.
3. Pada bagian storage, buka disk management.
4. Normalnya flashdisk anda akan terdeteksi.
5. Klik kanan, terus pilih create partition.
6. Klik kanan lagi, pilih format.
7. Selesai. Semoga berhasil dan flashdisk anda bisa digunakan kembali.

Kalau cara diatas tidak berhasil anda bisa menggunakan software khusus untuk merepair flashdisk yang rusak.

Semoga bermanfaat untuk anda…