coba

Wednesday 26 February 2014

Pengertian, Fungsi, serta Macam Prosesor

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.

Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU) 
Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.

Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau ringkasan CPU.

Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.

Pada awalnya fungsi processor hanya untuk pengolahan aritmatika saja, seperti  kalkulator pada saat ini. Namun sekarang ini processor telah bergeser fungsinya mengarah ke multimedia
Pilih AMD atau Intel? Nah ini perbedaan Antara AMD dan Intel :
Advanced Micro Devices (AMD) dan Intel adalah dua perusahaan yang memproduksi motherboard dan central processing unit (CPU) komputer pribadi (PC).

Salah satu perbedaan paling terlihat adalah bahwa harga AMD cenderung lebih murah dibanding Intel.
Intel telah menjadi pemimpin pasar dalam produksi motherboard dan CPU sejak awal.

Kelebihan Prosesor Intel :
  • Lebih populer dari AMD
  • Dapat mengatur temperaturnya sendiri sehingga bila panas kecepatan dapat menurun. Intel juga tidak berisik karena tidak menggunakan kipas untuk menurunkan temperature.
  • Mampu menghasilkan Suara/Audio lebih baik
  • Performa Intel secara keseluruhan adalah yang terbaik
Kekurangan Intel secara pasti adalah Harga Cukup mahal, sulit diperbaiki bila sudah rusak. Hal ini disebabkan antara processor dan motherboardnya menyatu. Bilapun bisa diperbaiki memerlukan biaya yang mahal. Kelemahan lainnya adalah kurang bagus untuk masalah grafis.

Kelebihan Prosesor AMD :
  • Kecepatan transfer data yang luar biasa karena menggunakan teknologi penggandaan bus 
  • Memiliki teknologi EVP yang dapat mendeteksi virus berbahaya, Kemampua mendeteksi virus processor AMD patut dijadikan pertimbangan untuk memilih produk ini. AMD juga dapat mengakses memori secara langsung tanpa melewati chipset northbridge. .
  • Unggul dari segi grafis dibandingkan Prosesor manapun
  • Harga jauh lebih Murah dibanding Intel
Kekurangan AMD diantaranya, mesin yang cepat panas juga Beberapa Aplikasi serta Game tidak mampu berjalan di AMD. dan AMD kalah dalam bidang pemasaran dibandingkan intel.
 

No comments:

Post a Comment