coba

Monday 10 August 2015

Waduk Sermo Kokap Kulon Progo

Blogretna. Waduk sermo merupakan sebuah waduk yang terletak dikokap kabupaten Kulon progo, yogyakarta yang mana pembangunan waduk ini ditujukan untuk irigasi daerah kalibawang. Waduk ini diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh presiden Soeharto dengan biaya pembangunan sebesar 22 miliar (sumber: wikipedia).

Dahulu yang awalnya hanya digunakan sebagai irigasi oleh warga setempat seriring berjalannya waktu waduk sermo sekarang berubah menjadi sebuah tempat wisata.Sebenarnya sudah lama danau / waduk sermo ini menjadi tempat wisata, tetapi semenjak dibukanya wisata Kalibiru pengunjung yang berwisata ke waduk sermo mengalami peningkatan dimana memang wisata Kalibiru masih satu kawasan dengan waduk sermo.



Kebetulan jalan-jalan saya kemarin sepaket, jadi dari kedung pedut – waduk sermo – pantai glagah. Kali ini saya tiba di waduk sermo, waduk dengan pemandangan dan suasana yang cukup eksotik dan menawarkan keindahan konstruksi bendungan, ditambah dengan semilir angin yang sepoy-sepoy membuat saya betah berlama-lama berada disana.


Waduk sermo berada dikawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo,Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo atau kurang lebih lima km di sebelah bara kota wates.

Perjalanan menuju waduk sermo ini, memang sedikit berkelok-kelok naik turun namun keadaan ini memberikan sensasi adrenalin yang cukup menantang terlebih kalau drivernya ngantuk, hahhaha tidakss. Tapi cukup menyenangkan karena bisa menikmati alam perbukitan sepanjang jalan. Untuk kondisi jalan yang sekarang sudah bagus sehingga dapat anda tempuh kurang lebih 15-20 menit dari kota wates.


Waduk sermo tidak hanya dijadikan sebagai tempat rekreasi saja :
  • Fasilitas yang disediakan guna menunjang wisata ini adalah pengunjung dapat menikmati alam dengan mengelilingi waduk menggunakan sebuah perahu yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata ini. Untuk mengeliling waduk menggunakan perahu, tentu saja pengunjung dikenakan biaya 10.000/perorg.
  • Di waduk sermo ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing, jadi bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing, kalian dapat mencoba sport memancing disini. 
  • Bisa juga dijadikan sebagai tempat studi banding bagi para pelajar.Pengunjung dapat mendatango kantor pengelola jika ingin mengetahui banyak tentang sejarah maupun data statistik tentang waduk sermo.
















Kebetulan kemarin saya sempat menyewa perahu wisata dan berkeliling menikmati keindahaan bendungan yang menawan.Selain perahu, gardu pandang juga dapat anda gunakan untuk bersantai ria sambil melihat keindahan waduk dari ketinggian,menikmati gardu ini tidak dikenakan biaya dan dijamin anda dapat merasakan kesejukan dan kesegaran angin yang bertiup.











No comments:

Post a Comment