coba

Saturday, 6 June 2015

Gathering Lintas Komunitas Peduli Wisata

Siang itu sebuah notifikasi masuk ke akun Facebook saya, nah dari sekian banyaknya notifikasi yang masuk tersebut ada satu yang menarik untuk saya buka dan baca yaitu informasi dengan hastag #Piknikgratis, hari gini siapa sih yang gak mau di ajakin piknik gratis plus bisa nginep gratis dihotel bintang 5 *kalau beruntung. Kebayang kan teman-teman? Kalau saya sih gak nolak am yang gratis-gratis gitu yaa :))

Setelah saya baca saya pun tertarik untuk mengikutinya, akhirnya saya pun mendaftar menjadi salah satu peserta yang bisa ikut piknik gratis tersebut, nah pengen tau kan, kita piknik kemana dalam rangka apa?

Acara macam begini nih yang bikin dunia saya teralihkan #Lintasistimewa "Peduli Wisata Jogja" kapan dimana dan dengan siapa? oke akan saya jelasin semua disini, yuk disimak :))

Peta di selenggarakan Acara gathering lintas istimewa
Gambar 1. Taman breksi, situs Geoheritage Candi Ijo, Prambanan kabupaten Sleman.

Gambar 2. Welcome para komunitas Gathering :)) 

Acara lintas komunitas gathering ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerjasama dengan forum lintas pelaku dan komunitas peduli wisata, diantaranya : Paguyuban Gerobag Wisata, Komunitas Slow Food Yogyakarta, Komunitas Panjat Tebing Indonesia, Komunitas Pemandu Wisata Minat Khusus, Komunitas Paralayang dan Paramotor, Komunitas Susur Gua, Komunitas Olahraga Air, Komunitas Fotografi, Komunitas Blogger, Komunitas Jelajah Gunung (Mountaineering), FASI, Komunitas Sepeda Gunung, Komunitas Sepeda Lipat,Komunitas Sepeda Onthel, Komunitas Mobil Antik, Pramuka, Ikatan Perupa GK, Komunitas Vespa, Komunitas Motor Box (Kombo), Komunitas RX King, Komunitas Honda CB,Komunitas Volkswagen, Komunitas Offroad 4 x 5 (J-Adventure), Forum Pokdarwis / Desa Wisata. HPI DIY, ASITA DIY, Paguyuban Dimas Diajeng.

Terselenggara pada :

Hari/Tanggal : Sabtu - Minggu, 30 - 31 Mei 2015
Waktu : Sabtu (Pukul 15.00 - 21.00)
Minggu (Pukul 08.00 - 22.00)
Tempat : Taman Breksi, Situs Geoheritage Candi Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan
Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta

Dengan Rundown acara sebagai berikut :
Saya sebagai seorang blogger sangat antusias sekali mengikuti acara gathering lintas komunitas peduli wisata tersebut, karena Saya pun juga gemar berwisata dan menjelajah alam di Jogja, tanpa kita perlu pergi jauh meninggalkan kota Jogja karena potensi wisata dan alam di jogja dan sekitarnya pun sebenarnya banyak dan bervariasi.

Gambar 3. Saya dan teman-teman komunitas Blogger Jogja

Gambar 4. Komunitas Blogger Jogja on the spot 

Beruntung saya bisa mengikuti acara gathering lintas komunitas tersebut, karena saya bisa meliput acara secara langsung di TKP dan bertemu dengan banyak komunitas di Jogja, senang rasanya bisa berbagi pengalaman, informasi, dan juga menambah banyak relasi disini.

Gambar 5. Edisi lesehan dan sharing bareng komunitas Fotografi 

Salah satu spot alam yang tidak bisa saya lewatkan disini adalah, sebuah tebing yang menjulang tinggi, kalau kata teman saya itu grand canyon nya jogja mbak..hahaha..bagus dan menarik untuk dijelajahi.Bagi teman-teman yang ingin menguji adrenalin, naiklah ke atas tebing itu!

Gambar 6. Tebing breksi  

Secara geologis, daerah ini merupakan formasi batuan yang terbentuk oleh endapan vulaknik Gunung Api Purba.Proses penambangan batu breksi sebutan untuk endapan vulkanik purba tersebut telah berlangsung sejak 25 tahun silam, dan menyisakan tanah lapang (Lapangan selorejo) dan perbukitan dengan tebing yang terjal. 

Berdasarkan keputusan kepala Badan Geologi RI Nomor 1157.K/40/BGL/2014, termasuk dalam salah satu kawasan cagar alam geologi yang perlu untuk dilestarikan.

Rasanya bener-bener kurang afdol kalau saya tidak ikut naik ke atas tebing tersebut, so tanpa pikir panjang saya pun naik bareng teman saya. Bagi teman-teman yang suka beradventure seperti : turun tebing (rapelling), motor trail, dan mobil off-road bisa juga lho disini, karena tebingnya terjal, sehingga sesuai untuk pengembangan minat kalian.

Gambar 7. Komunitas Motor

Selain itu keunggulan dari Taman Breksi tersebut adalah bisa dijadikan sebagai bumi perkemahan pramuka. Dan bagi teman-teman yang hanya ingin berburu keindahan alamnya, bisa banget karena Taman breksi juga memiliki daya tarik yang lain yaitu teman-teman bisa berburu matahari tenggelam (sunset) pada sore hari.
Gambar 8. [BUKAN] komunitas panjat tebing :))

Gambar 9. Saya tidak mungkin senekat ini, naik tebing dengan peralatan yang tidak mumpuni

Gambar 10. Dan akhirnya berada di atas Tebing :))  

Gambar 11.Lintasistimewa berlangsung

Gambar 12. Panggung dari atas tebing

Gambar 13. Pramuka DIY

Gambar 14. Dan tidak hanya warga pribumi saja lho yang mengikuti acara ini, tapi ada mbak-mbak bule juga ternyata ikut hadir meramaikan acara tersebut, luar byasaa :))

Seperti kita ketahui bahwa salah satu kesukaan orang Indonesia adalah berwisata termasuk saya pribadi. Nah dijaman sekarang yang semua informasi wisata dapat di akses melalui situs internet tentu juga semakin memudahkan bagi para calon pelancong untuk menentukan tempat tujuan wisata yang di Inginkan.

Sebuah langkah bijak yang dilakukan oleh dinas pariwisata DIY meluncurkan sebuah web http://www.visitingjogja.com/ yang kedepannya digunakan untuk menyajikan beragam informasi tempat wisata diseluruh wilayah DIY.

Situs yang dikelola oleh Dinas Pariwisata tersebut tentu akan menjadi jaminan akan akuratnya informasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akhir kata, semoga kami selaku para komunitas dijogja yang peduli wisata,dapat ikut serta membantu rencana pemerintah dalam mewujudkan pembangunan serta mengembangkan visi Jogja sebagai daerah wisata Di Asia Tengara pada 2025 nanti. Maju terus pariwisata Jogjakarta !!


.

2 comments: