coba

Saturday, 29 August 2015

Tempat Jual Baju Awul-awul Di Jogja

Berawal dari pertemuan gue dengan temen dari depok sore itu, yang ngajakin ketemuan di sebuah resto di pinggiran ring road utara. Dari obrolan kami yang panjang lebar kali tinggi itu, tiba-tiba dia nyeletuk bilang, Na' anterin gue ke awul-awul yuk! Hahh awul-awul apaan tu? *matabelo sambil tetap memamah biak makanan yang kami pesan tadi. Awalnya gue pikir itu nama makanan, jadi ya gue iyain aj.

Akhirnya gue di ajakin ke lokasi awul-awul tadi, astaga syok, yang gue liat itu tumpukan baju banyak banget dan bikin bersin gitu, trus gue nanyak. Awul-awul apaan sii? Ya ini nih kata dia sambil nunjuk tumpukan baju-baju itu. Bengong deh gue.Perasaan temen gue itu kaya, kuliah aja di 2 tempat, udah gitu secara penampilan juga gahul, tapi kok dia demen ke tempat macam beginian.

Daripada gue bersin-bersin sendirian, akhirnya nyamperin temen yg lagi sibuk memilah baju-baju itu. Lalu gue nanyak? Lo sering ya kesini, kenapa gak beli di Mall aj kek atau di pasar atau dimana gitu, ini kan baju bekas, lo gak takut penyakitan gitu? Beli disini kan lumayan Na' bisa berhemat tapi tetep bisa dapat barang berkualitas. Tapi kan tetep aj barang bekas, iihhh jijay bekas keringat orang, siapa tau aj ada kuman nya juga. aaiiiihhhh *batin gue.

Sejak hari dimana gue bersin-bersin melihat tumpukan baju itu, gue mulai rajin browsing dan cari informasi tentang baju awul-awul tadi guys, bukan untuk mengikuti jejak temen gue tadi ya tapinya. heheee..Gue cuma pengen nulis dan share informasi yang mudah-mudahan bermanfaat buat para pembaca setia blog gue tercinta ini. Here we go !!

Awul-awul berasal dari istilah pakaian yang diacak-acak, ya seperti kondisinya saat dijual, pakaian bekas ini umumnya dijual dalam keranjang besar (kadang ga di keranjang) dalam bentuk tumpukan segunung2 yang bercampur-campur entah celana-baju-jaket-dll jadi satu, makanya kita harus pusing milih2 satu persatu mana kategori yang dicari dan mana yang jadi pilihan paling cocok.

Pakaian bekas ini diperoleh dari dalam dan luar negeri gan, umumnya dari secondhand yang sengaja dibuang/dijual karena udah usang, maupun secondhand yang emang ditinggalkan pemiliknya seperti di hotel atau penginapan, makanya bisa jadi pakaian tersebut masih bagus karena hanya sekali-duakali pakai lalu ditinggal pemiliknya di penginapan karena kebanyakan traveler luar negeri suka membuang pakaian barunya di penginapan disebabkan tak mungkin membawa pakaian banyak saat berpergian jauh/sekedar berkunjung. 

 

Mungkin setelah baca itu persepsi gue agak sedikit berubah, beli pakaian bekas itu bahwa gak semuanya menjijikkan, justru dengan bisa beli pakaian bekas kita bisa juga dapat untung yaitu beli pakaian bermerk asli dengan harga yang sangat murah dan tentunya berkualitas meskipun harus rajin memilah-milih mana yang masih bagus n bersih.

Bener dehh, sekali lagi gue perjelas “Gak semua pakaian bekas kotor, lusuh, menjijikkan, dan berbau”, coba aja deh lihat nanti di beberapa tempat yang gue sebutin, ente bakal nemuin pakaian dari yang pualing kotor sampe yang cukup bersih kok. 

Berikut lokasi yang bisa kalian tuju untuk berburu barang bekas di jogja :


  • Sekaten (tempat gue bersin2), event tahunan di Alun2 utara Keraton Jogjakarta Hadiningrat. Barang2 disini asli murah kayak pasar senen, awul2 sepuasnya karena bentuknya gak ditata rapi, masih bener2 bauu banget kadang, tapi ya murah banget, harganya ngasal yang jual, dari ribuan sampe puluhan ribu, dan kayaknya ga ada yang diatas 50rb (belum ditawar). Bisa jadi referensi kunjungan terakhir, karena ini agenda satu tahun sekali di Yogyakarta, lama sekaten bervariasi dari kadang 1 bulan bahkan bisa sampai 3 bulan entah karena apa, mungkin penyelenggara atau wewenang yang berbeda. haha
  • Jalan Bhayangkara, RS PKU ke utara ntar tokonya sebelah kanan jalan, lumayan bagus2 disana gan, tinggal pilih aja. Ini juga udah ditata rapi gan, bentuk toko.

  • Pasar Senthir Malioboro, gaktau sekarang masih eksis atau enggak, ane 2 tahun lalu kesananya. Nih pasar adanya malem doang, lokasinya di belakang beringharjo, tanya aja orang disana kalo dah jam 22.00++  mesti tau kok gan. Disana kebanyakan sepatu sama barang2 kayak tas dan yang gak umum gitu.
  • Perempatan Taman Siswa ke barat, ntar ada di sebelah kiri jalan (kalo belum tutup) isinya baju2 gede kayak rompi, gaun, jubah, gitu2an lah pokoknya. Masih sama, udah rapi digantung2.

  • Jalan Taman Siswa, utara Fakultas Hukum UII, lokasinya sebelah timur jalan. Bentuk toko, agak sempit tempatnya, isinya ga sebanyak tempat2 lain, tapi kalo beruntung dapet bagus juga bisa.
  • Jalan Wachid Hasyim, disana ada dua toko sebelah timur dan barat jalan, yang sebelah timur udah pada rapi digantung, tapi yang sebelah barat jalan belum semuanya digantung, jadi beneran awul2 deh tinggal pilih secara awul :D

Cuma itu aja yang gue tau di jogja, barangkali teman-teman mau nambahin.Silahkan koment yaa. Kalau Saran gue, tinggalkan kebiasaan mencari pakaian bekas, karena apapun juga inilah sumber penyakit sekaligus menurunkan harga diri bangsa kita sebagai pengimpor pakaian bekas yang tumbuh pesat. Tingkatkan harga diri kalian masing2 dengan meningkatkan taraf hidup melalui bekerja maupun wirausaha, berusahalah sebaik mungkin, serius dalam mewujudkan mimpi dan berdoa, niscaya rezeki akan datang kepada kita semua hingga suatu saat kita tak hanya bisa beli barang bermerek bahkan kita sendiri bisa menjadi produsen barang bermerek dengan penjualan internasional. Tingkatkan kualitas SDM dalam negri dengan terus memproduksi ide2 baik dari generasi muda untuk Indonesia yang lebih baik.

12 comments:

  1. gwe sebut merk aja "PUJHA" salah satu tempat jual pakain barkas di jogja, yg gwe tau
    di sana semua pakaian sudah dipilah walaupun udah dibersihkan tetep harus dicuci, cabangnya banyak setau gwe di jakal (dekat pasar colombo), Depan UIN, Ringroad barat arah madukismo dan beberapa tempat yang gwe lupa.
    bener juga opini teman loe, tetep hemat and modis perlu juga
    saran gwe barkas lumayan juga recycle lah pantas buat orang yg stylish and suka gonta ganti mode dan gak makan budget, klu kamu pandai "tu barang bisa di sulap jadi barang dagangan",
    masalah penyakitan bisa berawal dari treatment atau cara yang dipakai biar baju bekas tersebut steril - thnk's-

    ReplyDelete
  2. tapi kan tetep aj jijay men, gue mah mending beli baju murah yang penting baru, cinta produk dalam negri dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. (eye rolling) yeah, ... yeah, ... yeah, ... sekali-kali Barkas perlu juga

      Delete
  3. Hmm sama bang? Awalnya emang agak jijik gitu hina2 awul-awul. Tapi sekarang aku pun jadi pemburu awul bahkan punya olshop ngejualin awul. Yakali untungnya gede banget coy, barang awul waktu we pakai aja dikira beli di zara. Padahal awulan sekaten 15rebu dapet 2 😅 so guys, awul2 itu tak selamanya menjijikkan. Gausah sok kaya maksa beli barang mahal ntar kagak bisa makan malah keliatan miskin ✌🏼️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share tempat dong bang yg masih eksis buat nyari awul2 dijogja. Yg miring jg harganya hehe. Makasih bang.

      Delete
  4. tulisan ini sebenarnya punya siapa sih gan?

    ReplyDelete
  5. https://ardhiramadhan.wordpress.com/2013/12/05/tempat-jual-pakaian-bekas-awul-awul-murah-di-jogja/#comment-20 nihhhh >>> nah lohhh siapa yg punya tulisan ini nih

    ReplyDelete
  6. Hi mba, Saya dari UAJY boleh minta kontak line atau wa atau email?
    Saya mau nanya-nanya untuk penelitian awul-awul. Penting banget mba :(
    makasih. Atau bisa dm aku di instagram ya : lourentiakinkin
    Makasih banyak banyak !

    ReplyDelete
  7. Permisi untuk jalan wachid hasyim apa ada di jogja? Saya cari di map kok ga ada hehe

    ReplyDelete
  8. Agen Obat Bius Asli Chloroform

    - obat bius chloroform

    - obat bius trivam cair

    - obat bius chlorophyll

    - obat bius sleeping beauty

    - obat bius liquid sex

    - obat bius rohypnoll

    Pemesanan Hubungi Kami :

    simpati/Telkomsel : 0822-2357-0785

    BBM : D800BEAA

    ReplyDelete