coba

Tuesday 11 August 2015

Pantai Glagah Indah Kulon Progo

Blogretna. Sebagai seorang blogger cantik *macakChelseaIslan, yang suka ngebolang disela-sela waktu [sok] sibuknya, tentu saja saya tidak akan melewatkan momen dimana saya akan corat-coret diblog, bercinta dengan alam serta mengexplore tempat wisata yang ada di kota saya tercinta ini, oke and this time for it, hari sabtu lalu saya n the genks mengunjungi lokasi yang sudah tidak asing bagi yang suka bermain ke pantai, tentu saja, karena perjalanan kami menuju pantai di kawasan kulon progo.Sebut saja pantai glagah indah kulon progo.

Nah apa yang menarik di pantai glagah itu guys? Mari kita lihat beberapa komentar para pengunjung yang tidak mau disebutkan namanya..yukk!!

Sebut saja si A : 
Pantai Glagah itu bagus mbak, saya kalau kesana paling suka foto di pemecah ombaknya itu, bagus buat selfian, dulu juga malah ada yg pre-wed juga disana, tapi kabarnya malah si cewek kesapu ombak lalu hilang! *hahh yg bener? Jd mikir 2x buat pre-wed disana, karna gue belum siap nih klo jd korban sapunya si ombak.

Sebut saja si B : 
Kalau saya, hemm, apa ya? lagunanya kali ya mbak yang bikin saya berkesan, saya kalau ke glagah lebih sering mengajak anak di wilayah laguna tersebut, karena selain tempatnya yang sejuk banyak pepohonan, lebih damai juga lihat hamparan telaga yang tenang.

Laguna adalah semacam telaga atau danau yang terjadi karena terjebaknya ombak laut di daratan yang memiliki cekungan cukup dalam dan menjadi genangan semacam telaga. 

Laguna di Pantai Glagah membagi kawasan pantai menjadi dua, yaitu lokasi yang masih ditumbuhi rumput dan tanaman pantai dengan area penuh gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan. Tempat ini sering ramai dengan anak-anak yang mandi atau bermain air di pantai karena jauh dari ombak. Di laguna ini juga banyak pengunjung yang mendayung sampan kecil sambil menikmati pemandangan kebun buah naga yang berada di tepi pantai.


So, dari komentar 2 orang tersebut bisa jadi referensi, cukuplah bagi saya untuk membuktikan fakta-fakta yang ada di pantai tersebut, karena sejujurnya saya adalah orang yg skeptis terhadap sesuatu tanpa bisa membuktikan ke-valid-annya.

Guys. Pantai Glagah itu  terletak di desa Glagah, tepatnya Kec. Temon, kab. Kulon Progo. Berjarak sekitar 41 km dari arah barat Kota Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Jika Anda dari ibu kota kabupaten kulon progo, untuk menuju kawasan wisata pantai Glagah ini dapat menempuh jarak sekitar 15 km.

Ada dua alternatif jalan untuk menuju ke Pantai Glagah Indah :

Pertama : Yogyakarta - Jl.Bantul - Kota Bantul - Lampu lalulintas Palbapang belok kanan - Jl.Srandakan - Lampumerah belok kiri arah Pantai Glagah

Kedua : Yogyakarta - Jl.Wates - Sentolo - Kota Wates - Jl.Raya Wates - Purworejo - Belok kiri ketika ada plang arah Pantai Glagah sebelum perbatasan.



Sedang untuk menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum juga bisa, yaitu dengan naik bus jurusan Yogyakarta - Purworejo hingga di persimpangan jalan menuju pantai Glagah Indah. Kemudian dari sini Anda bisa menggunakan jasa ojek sampai ke pantai atau jika Anda ingin sehat dan bugar bisa menempuh perjalanan ke pantai dengan jalan kaki, tapi memang jaraknya masih lumayan jauh.

Meski kemarin sampai dilokasi pantai sudah hampir magrib nih guys, tapi cukup bagi saya untuk dapat menikmati senja serta melihat kondisi disekitar pantai tersebut, begitu menginjakan kaki di pantai akan kita temui hamparan pasir besi yang menjadi andalannya serta pemandangan yang begitu indah.

Harga tiket masuk hanya Rp. 1.500,- perorang dengan membayar biaya retribusi kendaraan roda dua Rp. 1.000,- , dan roda 4 sekitar Rp. 1.500,-. Sedangkan untuk biaya parkir di kawasan pantai ini, roda 2 Rp. 1.000,- dan dan roda 4 Rp. 5.000,-.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Glagah seperti :

Persewaan dayung (kano) dengan standar harga kurang lebih Rp. 20.000 per jam, perahu bebek, gethek untuk mengarungi laguna.Laguna terletak disebelah barat dari Dermaga Wisata yang membatasi dua kawasan antara area yang ditumbuhi dengan tanaman serta rerumputan dan dengan area pasir yang langsung berbatasan dengan air.
  • Jika Anda memilih untuk naik perahu motor, hanya dengan uang senilai Rp. 3.000 sudah dapat menaiki perahu motor selama 30 menit, di kawasan wisata ini juga Ada area ujntuk motocross.








Agak menyesal juga kemarin karena tidak bisa menikmati lagunanya, mungkin next time lah, maklum saja karena waktu menuju kesana kita banyak nyasarnya. Hahahha..Tapi setidaknya kami sempat melintasi kawasan danau-danau itu, dan memang bagus guys tempatnya, lebih adem, banyak pepohonan yang tumbuh dikiri kanan jalan dan lagi tenang buat meditasi, lohh.Alhasil kami bisa melepas senja di pantai glagah, itu sudah lebih dari cukup. Setidaknya nyasar kami terobati.


No comments:

Post a Comment