coba

Monday 15 September 2014

Penting Gak Sih Punya Personal Branding itu ??

Now..I'am write !! Alhamdulilah yaa bisa pegang tombol keyboard lagi siang ini..setelah 2 hari yang lalu sibuk hibernasi akibat capek yang melanda, Haloo semua apa kabar??  *munculdaribalikselimut, mudah-mudahan kabar baik selalu menyertai kita semua. Amin.

"Kali ini saya pengen nulis tentang Penting Gak Sih Punya Personal Branding itu ?? Jawabnya adalah pentingbangets :)  nah sebagai contoh : tentu kalian tahu dong artis yang terkenal dengan kata sesuatu . jambul khatulistiwa, I feel free sambil tiduran di antara bunga-bunga, dan yang belum lama ini kembali Ber-Ciaobella sambil bobo cantik, udah tau kan? apa masih mikir? itu lohh..yang belum lama ini tempat karokenya habis digrebek am polisi *menurutberita..inget kan? inget dong..siapa lg kalau bukan syahrini :)


Meski kata orang penuh dengan kontrovesi serta sensasi, Bahkan para Syahrini haters bilang dia seperti Pikachu dan kulit pisang, namun syahrini tak ingin ambil pusing, baginya haters tersebut adalah real lover baginya.tetep aj kan si teteh satu ini POSTING *positifthingking...kerenn 


Saya bukan lah salah satu haters syahrini yang di blog ini mau ikut mencaci maki serta NGEBULLY dia, kagak. Justru disini saya ingin berguru darinya..ahahaha..Secara meski banyak di caci maki baik gaya maupun penampilannya toh sampe saat ini syahrini tetep aj kan eksis dimana-mana, bahkan dia termasuk salah satu artis dengan bayaran yang mahal lho...busett *mupengg..Itu artinya dia sukses membangun personal branding, dia pintar menjual diri. 

Jujur kalau saya sih gak benci syahrini, dan gak terlalu memuja juga. Tapi saya berusaha objektif, lagu dia bagus, dia berusaha perform sebaik mungkin. Keliatan dari dia concern banget sama apa yang dia kenakan.Dia mau cantik kek mau pake blink-blink kek mau tiduran dikebun kek, ya terserah dong, itu kan hak dia, pake uang dia juga, ngapain kita yang rempong. ngapain kita benci dia? salah dia apa sih? kita kan gak ngerasa dirugikan dia? sudah...sudah...hentikan !!

Terlepas dari syahrini dan seberapa penting personal branding itu ada pada seseorang, Sebenarnya apa sih personal branding itu? penting gak sih? Nah Personal branding itu terdiri atas dua kata yaitu personal yang berarti perseorangan, dan branding yang berarti cap atau citra diri. Jadi personal branding dapat dikatakan sebagai citra diri seseorang.

Membangun citra diri atau sering dikenal dengan Personal Branding merupakan suatu upaya memasarkan diri sendiri kepada khalayak umum, sehingga khalayak umum dapat mencitrakan bahwa seorang tersebut mempunyai kekhasan atau citra sendiri. Seperti sebuah produk, sebut saja iPhone. Apa yang ada dibenak kita waktu disebut kata “iPhone”? Setiap orang pasti akan melihat iPhone sebagai smartphone yang canggih, keren, fungsinya banyak, dan harganya mahal. Begitulah sekiranya personal branding bekerja, mencitrakan seseorang menjadi sesuai dengan kualitas dan kapasitas yang dimilikinya.

Kenapa diri sendiri harus dipasarkan? Menjadi seorang trainer tidak lepas dari seberapa kuat dia dikenal oleh masyarakat. Seberapa kuat dia mempunyai brand yang melekat dimasyakat. Semakin kuat citra seseorang di masyarakat, maka semakin tinggi peluag orang tersebut menjadi seorang artis, penyanyi, dsb.

Membangun personal branding memberikan keuntungan yang cukup banyak bagi seseorang, diantaranya: Orang akan cenderung lebih lebih mengenal serta menghormati kita karena sebuah prestasi, keberhasilan yang telah dicapai maupun sensasinya *eehhh, selain itu kalau orang tersebut memiliki sebuah bisnis ataupun usaha maka akan semakin berkembang seiring dengan berkembangna personal branding.

Lantas bagaimana cara membangun personal branding yang baik? Berikut akan saya sampaikan beberapa langkah bagaimana cara membangun personal brading : 

Kenali Diri Sendiri
Langkah paling dasar dalam membangun personal branding adalah mengenali diri sendiri dengan baik. Mengetahui dan mengenal siapa diri sendiri, apa passion, apa keahliannya, dll.

Gunakan Media Sosial
Setelah mengenali diri sendiri, mulailah membranding diri sendiri dengan menggunakan media yang ada, seperti blog, website, kartu nama, video, portfolio dan lainnya. Bahkan kamu bisa memulai personal branding lewat Social Media seperti Facebook, Twitter, Path, dll.

Komunikasi
Komunikasikan tentang diri sendiri kepada dunia. Semakin banyak yang mengenal maka personal branding yang dibangun akan semakin kuat. Jangan lupa untuk sering mengobrol dengan orang-orang baru, orang penting, atau siapapun untuk memperluas jaringan. Konsisten lakukan terus menerus secara berkelanjutan sehingga orang akan selalu mengingat. Segala sesuatu yang tidak konsisten akan cepat tenggelam/punah.

Demikian sekilas info tentang pentingnya membangun sebuah personal branding, semoga bermanfaat !!

No comments:

Post a Comment