coba

Friday 29 August 2014

Obesitaskah Blogmu ??

Perhatian: 

Thread berikut ini rada dak penting, apalagi untuk para master di dunia perblogan, jadi sebaiknya langsung pulang saja.
Tapi seandainya anda juga tertarik pada hal yang tidak penting, yah.. sok atuh, lanjut ja bacanya. :D


Gue sedang "blank-blank"-nya. Lagi-lagi kalau mau pinjam istilah sahabat saya, boleh dikata gue sedang miskin ide, fakir cerita. Alhasil se-petang-an (maksudnya lepas isya mpe sekarang) online hanya bisa wara-wiri tidak jelas di beberapa situs. Sesekali buka beberapa akun social network yang saya punya, "Ah, sama saja. Nihil!". Giliran tiba di akun blog ini, "Lah, kok serasa loadingnya lama? Jangan-jangan blog gue obesitas juga nii", lalu mulailah cari tahu.

Hilir mudik sejenak, akhirnya nasib mempertemukan gue dengan yang di inginkan. (#edisi lebay. Lihat apa yang gue temukan.


Obesitaskah blogmu?
Tattaaadaaa... gue menemukan jawabannya di iwebtool. Setelah memasukkan url blog di Your domain(s), ketahuan dah kalau blog saya 211.35 KB. Itu beberti, 111.35 KB lebih besar dari size blog yang bagus. Kalo kata saya mah (yang gaptek dunia perblogan), ini obesitas. Tapi kata sahabat Bloofers, masih lumayan ringan loadingnya. Sebenarnya seorang sahabat pernah memberitahukan cara ini, tapi dasar gue-nya yang pikun plus si lepti yang habis cuci otak (baca: install ulang) jadinya  tidak menemukan clue apapun selain melapor ke Mbah Google.

Aplikasi mana yang membuatnya berat?
Semakin penasaran saja gue, bagian mana sebenarnya yang berat. Hilir mudik lagi dan akhirnya gue menemukan jawabannya di Web Page Analyzer. Dari sana gue tahu kamar mana dari rumah gue ini yang pelihara naga. Sayangnya, gue belum punya pengetahuan lebih untuk melangsingkan blog ini. Satu-satunya cara dengan menghapus beberapa pemakaian widget/script yang tidak terlalu penting. Tapi sayanya tidak yakin, widget mana yang tidak penting.

Sepertinya gue sudah terlanjur nyaman dengan tampilan dan widget yang seperti sekarang. Mungkin karena ini template pertama yang html-nya berani gue utak-atik (dengan bantuan master sifu tentunya).

Bagaimana cara mengatasi obesitas blog?
Ini informasi terakhir yang gue temukan. Ternyata ada caranya. Mbah google bilang, selain menghapus widget/script, obesitas blog bisa diatasi dengan meng-kompres. Jadi segera siapkan baskom dan handuk anda. Wkwkwkkwkkk.. Bukan, maksudnya dengan CSS Compressor. Tapi hati-hati bila menggunakan fasilitas yang satu ini, pastikan Expand Template Widget anda dicentang, karena Insya Allah setting-an blog anda akan berantakan, harus sabar mengatur ulang layoutnya. :D

Well, setidaknya gue sudah berbagi. Kasihan juga lihat blog ini tidak terurus.
So, yang penasaran blognya obesitas apa kagak, yuk.. coba deh. Insya Allah bakal ketahuan.
Alhamdulillaah yaaah.. :D

No comments:

Post a Comment