coba

Monday 2 June 2014

Jangan Takut Jadi Programer !!



Ada yang pernah tanya sama saya waktu itu. Mbak, kalau mau jadi Programer itu kuliahnya di bidang apa ya? Saya jawab saja : ambil jurusan IT aja dek [Teknik Informatika] namun ada yang bilang jadi programer itu gak harus kuliah juga lho, barangkali otodidak juga bisa.

Dulu sebelum memutuskan untuk kuliah di Informatika, saya sempat galau akut karena Nyokap pengennya saya ambil kuliah dibidang Ekonomi, sama seperti kakak saya. Kata beliau kalau kuliah di Bidang Ekonomi Akuntansi dan sejenisnya nanti gampang masuk dunia kerjanya, masa sihh? Faktanya meski IQ saya tergolong jongkok *lowprofile..wkwkwkw...Buktinya saya berhasil menyelesaikan kuliah tepat waktu meskipun kata orang kuliah di teknik bakal karatan lama lulusnya *Mitos

Setelah mempertimbangkan beberapa opsi dan masukan dari teman-teman dan saudara, maka saya memutuskan untuk masuk kuliah ambil jurusan Informatika. Sebenarnya memang sudah sejak jaman SMA saya senang dan tertarik mengeluti dunia komputer, dari yang belajar akuntansi komputer sampai kursus-kursus komputer segala.


Ternyata Dunia Informatika itu tidak seburuk yang saya bayangkan, banyak hal yang bisa kita pelajari dari sana, terlebih ketika kita belum fokus sama konsentrasi yang kita ambil. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :

1.   Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak

2.   Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.

3.Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.

4.   Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.

Dikampus saya ada 2 Konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Multimedia dan Sistem Informasi.Entah kenapa waktu itu saya malah memilih konsentrasi di Sistem informasi, bukannya ngesok mau jadi Programer, TIDAK. Hanya saja saya memilih itu karena saya suka tantangan dan senang mencoba hal-hal baru.

Awalnya saya gak paham sama sekali, pemrograman itu apa? bener-bener gak mudeng dan membuat kepala saya migren membayangkan script kode html dan teman2nya. Namun karena itu adalah pilihan saya jadi saya harus bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Waktu itu yang saya tau adalah :





Sebenarnya pekerjaan coding alias mrogram itu bukanlah pekerjaan menghafal tetapi memahami konsep pemrograman. Mungkin pemahaman salah kaprah temen-temen tentang menghafal ini yang membuat pekerjaan coding seperti momok yang menakutkan. Salah satu huruf aja harus "metani" satu-persatu. Itu baru juga salah sintaks yang bisa dideteksi dengan cara debugging atau cari di-google, bagaimana kalau salah logika?


Bisa dibayangkan kalau kita menghafal, sudah pasti tidak muat otak kita. Dan yang pasti dengan kita matang di algoritma dan logika, segala macam error sintaks dan error logika pasti bisa kita libas habis. Wong ya pemgraman itu cuman itu-itu aja kan? Kalau bukan percabangan if ya perulangan alias looping, variabel, konstanta, fungsi dan prosedur.

Intinya ketika memang kita ingin fokus jadi programer, perlu diperhatikan hal-hal berikut :

1.Belajar mengenai dasar-dasar dari logika atau mengembangkan pola pikir kita dalam menyelesaikan masalah atau kasus

2.Belajar mengusai konsep dari database
belajar mengusai paradigma dari sebuah bahas pemerograman sesuai minat agan
Menentukkan tujuaan atau anda ingin menjadi programmer apa contoh : Programmer Web, Programmer aplikasi desktop, Programmer Aplikasi Distribusi, Programmer system.

3.Ada baiknya memperdalam ilmu matematika karena hampir semua ilmu komputer dasar atau lanjut pasti berbau matematika juga berusaha mempelajari logika algoritma seperti :
* Flow Charting
* Pseudo-Code
* Unified Modeling Language
* Object Relational Mapping

Mudah-mudahan artikel yang saya buat ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang tertarik ingin menjadi seorang programer dan kuliah di bidang IT. Pesan saya adalah jangan pernah takut untuk  mencoba hal-hal baru dan asing dalam hidup kita, yang terpenting adalah niat dan usaha untuk terus maju !!

--Retna--





No comments:

Post a Comment