coba

Monday 11 June 2012

operasi dehh (Part 4)



Selasa,15 Mei 2012. waktu yang dinanti akhirnya datang juga,berbagai perasaan campur aduk waktu itu, Ya takut, Ya sedih,Ya pengen sembuh yg pasti :) kemarin saya sdh pesen gini, besok kalau saya opname gak usah ditemenin gak papa, saya bisa sendiri, tapi waktu operasi saya mau ditemenin yaa .Tapi mlh dimarahin, kalau orang sakit ya jgn sendiri,nanti susah mau apa2,,huft :( pdhl kan niat saya cuma tidak ingin merepotkan saja, tp malah di semprot begitu.Ya udahlah manut, next yaa, jam5 mungkin kurang tepatnya adzan subuh itu saya sdh dibangunin ibu mau dimandiin dulu biar bersih. Yahhh udah gede masih juga dimandiin ma ortu, kalau gak lg sakit gak mungkin jg,ya mana mau,,maluuu taukk...dan sekalian pake baju operasi yg sdh siap. ya ampun bener2 kyk mau perang pagi itu.

Padahal baru jam6 tp segala sesuatunya sdh betul2 siap,istilahnya memang saat itu saya sudah siap lahir batin, wlopun aslinya takut.gak ngebayangin bgmn nanti di dalam sana . ternyata saya nunggunya lama bgt, dari jam6 sampai jam10 untung ada ibu dan kakak saya yang menemani sehingga tidak begitu larut dlm suasana, sedikit perbincangan yang tentunya akan mencairkan suasana agar tidak tegang serta sedikit canda tawa kami yang tentunya masih dibatas wajar karena kami juga tidak ingin menganggu pasien lain yg sedang istirahat. untungnya juga tetangga2 saya baik2 semua wlopun kami berbeda keyakinan toh karena memang mungkin merasa senasib dengan keluarganya,sehingga perbedaan tersebut tak membuat kami jauh,karena perbedaan itu indah :)

Jam10 tepat, saya kira suster dan dokternya bakalan datang,tapii mereka tak kunjung datang juga,ingin rasanya tidur terlelap dan melewatkan hari itu begitu saja tapi bagaimana caranya, bahkan saya sendiri bingung :(, akhirnya jam 10.30 susterpun datang menghampiriku sambil membawa kursi roda, aduhh pdhl saya plng benci dengan yg namanya pake kursi roda,masih mending kalau sepatu roda ya,,ahahaha..dan kemudian susternya bilang,kita usg dulu ya dik. apa? USG..Yg saya tau usg itu hanya untuk orang hamil saja untuk melihat calon janinnya,tp ternyata saya salah.sekali lg saya tegaskan bahwa saya anak informatika bukan keperawatan,jd tak terlalu banyak yang saya tau tentang hal2 seperti itu.Nah jarak antara kamar pasien dan ruang untuk usg ternyata cukup jauh,lumayan bikin kaki gempor kyknya kalau jalan.
dan setelah sampai diruang usg,bukannya langsung di usg,tp lagi2 antri dan menunggu. sampai kursi rodanya berada dipojok ruangan waktu itu. dah gitu banyak di liatin orang lagi,bener2 seperti tontonan gratis.emang saya bahan tontonan, sepertinya tatapan mereka kalau bisa saya artikan ketika itu mereka berbisik dlm hati,
kasian betul anak itu, sudah kurus penyakitan, mau operasi lagi. seolah2 tatapan mereka berbicara seperti itu pd saya, ahh atau mungkin hanya perasaan saya saja.yang merasa kasian pd diri sendiri sehingga bisa mengartikan tatapan seseorang seperti itu, maaf saya berburuk sangka kepada anda.

waktu berjalan begitu lambat saya rasakan, menunggu di usg yg begitu lama membuat saya semakin tak karuan dan berfikir macam2 dengan keadaan yg tidak menentu ini.benar2 kacau saya dibuatnya, namun akhirnya saya usg juga, tiap kali harus berbaring dan perut maupun bagian tubuh saya diperiksa maka semua terlihat jelas pada sebuah layar yang ada ditempat tersebut,membuat saya tak berani menoleh ke arah layar tersebut. setelah usg selesai. Inilah saat yg ditunggu2, that is OPERASI.ya. sudah waktunya saya di gledek masuk ke ruang bedah.takut bgt waktu itu, walaupun sdh ditemani oleh keluarga saya smp pintu masuk, rasanya bener2 seperti hari terakhir dlm hidup saya..ahh lebay.Ternyata masuk di sana masih harus menunggu, saya baru tau kalau mau dioperasi itu harus telanjang ya, Ya ampun ini bener2 membuat saya ilfil sm susternya, gimana engak klo kita ditelanjangi didepan mereka dan hanya akan ditutup oleh beberapa kain saja. STOP bukan masalah telanjang atau tidak yg akan saya bahas di sini. SO setelah dokter biusnya datang, saya harus pindah Bed lagi. dan taraa,,akhirnya masuk ke ruang operasi. waktu diruang operasi
tersebut saya masih sadar dan bisa melihat alat2 di sekeliling saya,namun perlahan tapi pasti, bagian dada ke atas mulai ditutup dengan kain2.itu artinya saya sudah harus siap di operasi. Sedikit demi sedikit suntukan bius itu mulai terasa dan kaki saya seperti kesemutan,pegel2 dan berat kemudian pikiran saya udah seperti
melayang, everything under control,,ehh beda ya,,ini sih menurut saya seperti orang lg mabok, wlopun saya gak tau persis bgmn rasanya org mabok itu,,ahahaha..Setengah sadar dan engak waktu itu, saya merintih kesakitan,dan sedikit terisak tangis sambil bergumam,,sakit..sakit...dan sakit,,pilu bener rasanya kalau orang denger suara rintihan kesakitan saya waktu itu...akhirnya terdengar suara dokter: Dok, dia kesakitan,lalu sepertinya saya disuntik lg, sehingga seperti sadar dan enggak,wajar saya merasa kesakitan ketika di operasi, krn memang saya punya ISPA makanya gak di bius total.

Jam3 sore,dengan mata yang masih agak sulit untuk terbuka. ternyata saya sudah berada di ruang I.C.U pasca operasi,masih dengan status sadar dan pingsan lagi.saya berusaha membuka mata lebar2 hanya untuk memastikan saya berada di mana dan ini jam berapa? kata kakak saya td selesai operasi jam12 an, jadi saya gak sadar cukup lama. Ohh menyedihkan berada diruang ini ternyata tidak membuat saya jauh lebih baik,karena begitu sepenuhnya sadar yang saya rasakan adl sakit yang amat sangat menyayat dibagian perut,beberapa kali saya memanggil suster di ruang tersebut dan merintih kesakitan. dan mereka pun memberikan suntikan anti mual,tp bagi saya rasa akit itu terjadi terus menerus dan bener2 menyiksa. smpe saya nanggis dan bilang sm perawatnya gini : suster, sakit bgt, saya dibius lagi aja, suntikannya gak
mempan, saya kesakitan sus,,suster : sabar ya dik, ini saya beri vitamin anti mual,nanti juga ilang ko sakitnya. Akhirnya yg bisa saya lakukan cuma pasrah dan berdoa mudah2an rasa sakit itu segera menghilang.

Jam5, sepertinya saya tidak salah,pasca operasi sudah bnyk keluarga menunggu dikamar. tapi apa boleh buat karena saya masih merasa amat sangat kesakitan dan masih agak setengah pusing kepalanya,jd tidak bisa memastikan ada siapa aja di situ.semua terlihat agak samar dan tidak jelas.sampai pd waktu itu temen saya datang lagi untuk jenguk,tp saya gak ngliat tampangnya dia sm sekali,krn memang sakit ini mengalahkan segalanya.

Ada sedikit rasa haru dan pilu waktu itu,ketika kakak saya cerita tentang ibu saya yg begitu setia menunggu saya operasi,beliau gak doyan makan smpe keringat dingin mengalirpun tak dihiraukannya.selain itu badannya gemetaran lg, Ya allah apa itu yang namanya kasih ibu sepanjang masa. pengen nanggis juga saya dengerinnya. begitu merepotkannya kah saya, nasib anak bungsu yang sdh dr kecil jauh dr ortu dan selalu penyakitan.saya hanya berdoa mudah2an suatu saat nanti saya bisa membuat orang tua saya bangga dengan saya, dan bisa menjadi anak yg berbakti kepada orang tuanya.Ibu..doaku selalu menyertaimu..mungkin hanya dengan cara tersebut saya bisa membalas semuanya. Amin..


Ini dua/tiga hari pasca operasi. suka ngeri kalau ngliat balutan di perut saya sendiri...hihiiiii

5 comments:

  1. perjuangan yg sangat berat selama hdup mu sob ya?
    BTW... skrang uda sembuh blom?
    salam knal jol aceh, kunjungi blek ya?

    ReplyDelete
  2. tapi sekarang udah sembuh kan ? :)
    kunjungan perdana, mampir balik ya sobat :)

    ReplyDelete
  3. JOL : alhamdulilah udah sembuh, thanks ya sob udah berkunjung di blog saya, salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. Yoga shena : sudah ko, thanks ya sudah mampir di blog saya :)

    ReplyDelete
  5. woww.. Yg penting masih dikaruniai kehidupan.

    ReplyDelete