coba

Monday 11 June 2012

gara-gara Appendicogram (Part 1)

Denger istilah Medis itu menakutkan bagi saya, terlebih ketika kita periksa dan kemudian di vonis berbagai macam penyakit, gak kebayang...lemes mendadadak...itu sih saya gak tau dengan kalian. jadi kejadiannya begini. sore itu saya minta di antar oleh kakak saya periksa di rumah sakit PKU Muhamadiyah, karena beberapa bulan saya merasakan sakit perut dibagian kanan bawah, dan sakitnya tsb secara kontinyu terasa, jd ada baiknya diperiksakana untuk mengetahui sakit apa, sebelumnya memang saya sdh searching di internet kalau sakit perut dibag.kanan bawah itu kemungkinan usus buntu.Nah akhirnya lepas magrib saya ketemu dokternya bagian umum. trus ngobrol sejenak bareng bu dokter.

Dokter : Gimana Dek, ada keluhan apa?
Saya : Sakit ni dok, perut bagian kanan bawah, kenapa ya? trus bagian pahanya juga ikut sakit.
Dokter : coba baringan dulu ya dik, biar saya periksa
Saya : baik dok
Dokter : kalau sakit dibagian sini biasanya kalau gak usus buntu kemungkinan disaluran kencingnya, atau minta di ronsen aja gimana?
Saya : iya gpp, saya mau

tp ternyata malam itu na as, krn bagian radiologi dirumah sakit tsb tutup, ihhh gak mutu bgt sih, masa iya rumah sakit se gede itu gak ada yg jaga bag,radiologi

Dokter : gimana ya dik, atau bsk pagi kesini lagi buat ronsen, atau gini aja, skrg cek darah dulu ya.
Saya : ya Dok

Setelah cek darah,nunggu hasilnya keluar,kemudian saya ke ruang dokter kembali.

Saya : Dokter, ini hasil cek darahnya dari lab
Dokter : Ya dik, duduk dulu ya setelah dokter tsb periksa hasilnya, kata beliau cek darah saya bagus dan normal, gak ada gejala bakteri akut, dsb.
Saya : jd saya gak usus buntu kan dok, tp ko saya masih ragu ya dok, soalnya sakit bgt dibagian perutnya, dokter bs gak bsk saya ronsen aja, biar tau pasti sakitnya apa?
Dokter : ow, boleh dik, atau kalau mau di Appendicogram aja gimana, malah lbh akurat drpd ronsen.
Saya : ya dok, apa aja deh, yg penting bisa ketauan sakitnya apa? mksh ya dokter sebelumnya.
Dokter : sama2 dik...

Apa itu Appendicogram? Appendicogram merupakan suatu teknik pemeriksaan radiografi untuk menilik apendik.pemeriksaan ini juga menggunakan kontras media.Biasanya pemeriksaan ini digunakan untuk pasien dengan indikasi Apendicitis biasanya dlm masyarakat luas disebut peradangan usus buntu.Detailnya adl peradanagan dan infeksi pd usus buntu.sebelum jauh saya bahas tentang usus buntu, dlm bahasa medis usus buntu disebut Appendicitis, maka lbh dulu harus difahami apa itu usus buntu.USUS BUNTU sesuai dengan namanya merupakan benar2 saluran usus yang ujungnya buntu.besar usus ini kira2 sejari kelingking, terhubung pd usus besar yang letaknya berada diperut bagian kanan bawah.
Seperti organ2 tubuh yg lain, appendiks atau usus buntu ini bisa mengalami kerusakan ataupun gangguan serangan penyakit. Hal ini yang sering kita kenal dengan nama penyakit radang usus buntu . Pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri,namun yang paling sering ditemukan dan kuat dugaannya adl akibat dari sumbatan feses.Penyumbatan inilah yang kemudian menjadi media bagi bakteri untuk berkembang.
adapun alat untuk Appendidicogram tsb, seperti berikut :





No comments:

Post a Comment