coba

Tuesday 27 March 2012

Mariana Trench ??

Sebenarnya lg gak Fit banget hari ini, ketika mosting aja pake meler,,#maklum lg Flu berat, tp tetep aja, saya gak mau ketinggalan Informasi penting..terlebih karna rasa penasaran yg tinggi,,untuk itu saya langsung deh buka Leppy n then saatnya cari berita..#berasa kyk jurnalis aja yg haus akan berita,,hagggggg haagggg...

Tahukah teman2 apa itu Mariana Trench, mungkin yang pernah baca artikelnya tau yaa, awalnya saya takjub melihatnya ketika saya baca2 artikel di yahoo serta detik dan tempo,dan yang pasti saya searching di google lalu baca artikel :

James Cameron Taklukkan Laut Terdalam di Dunia,,ini sumbernya http://www.tempo.co/read/news/2012/03/26/116392573/James-Cameron-Taklukan-Laut-Terdalam-di-Dunia 

             Sumber gambar dr google, james cameron beserta alat yg di gunakan ketika menyelam




Wahh Keren ya? sungguh LUAR BIASA bapak ini, selain dia sutradara terkenal ternyata hobinya melakukan penyelaman, betewe,,siapa sih yg gak tau james cameron? bagi penikmat Film animasi avatar dan Titanic pasti sangat familiar dgn nama tsb,,

Oyaa..Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Dia terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana, dekat dengan Jepang.

Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut latitudenya dan "equatorial bulge" Bumi, ia berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sekitar 6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat.

Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m).

Tekanan dibagian terdalam palung ini diperkirakan sebesar 8 ton per inchi persegi......waw ^^

-Happy Blogging-

 


No comments:

Post a Comment