coba

Sunday, 9 October 2011

Kuda Lumping=Jatilan :D

Bagi temen2 oRang jawa tentunya tau dong, dengan kesenian Tradisional yang satu ini,kuda lumping,atau mungkin dlm bahasa jawa orang sering menyebutnya jatilan,,,Yeppp !!

Nahh,usut punya usut Nih,kesenian Tradisional yang satu ini Nampaknya hampir punah ya,sedikit bahkan jarang orang yang tau keberadaannya..untuk itu saya menghimbau kepada temen2 semua Yukk mari kita lestarikan kebudayaan kita,salah satunya dengan menjaga adat/kesenian yang ada dijawa ini.jangan sampepd akhirnya nanti kesenian tsb di klaim oleh negara lain.gak mau kan pastinya? jangan sampe pokoknya :D

Betewe,Kemarin Minggu ni kebetulan pAs lg Free dr kerjaan,SO saya nyemepetin Nonton yang namanya kuda lumping ini..memang sdh lama sekali saya gAk pernah Liat,dulu banget pas jamannya masih SD saya hobi bgt nonton,but itu dl..berhubung saya hidup Nomaden, berpindah2 dr 1 tempat ke tempat lain,saya gAK pernahlagi menemukannya..duuhhh kek nyari apa aja..ckckckck

SO, semua aCara hari minggu kmrn saya batalin semua, saya gak ingin kemana2,saya hanya ingin nonton kuda lumping  Tepat setelah duhur matahari tepat diatas kepala,,hahahah lebay.. saya bareng ma adek saya menuju lapangan untuk menyaksikan kuda lumping,,Well..saya gak nyangka bgt, sampe di sini lapangan
sudah berjubel dgn keramaian warga yg br menyaksikan acara tsb.Lapangan siang itu sungguh penuh,Euforia para penonton kuda lumping gak kalah berbeda dengan para penonton sepak bola di GBK...bedanya mungkin klo yg di GBK mereka bs duduk,tp kita disini berdiri semua,kecuali yang main perkusi/alat musiknya..

Ternyata gak mudah buat menonton jarak dekat,boro2 yaa,denger musiknya saja saya sudah amat  bersyukur,apalgi bisa menonton lbh deket,,wuahh amazing tentunya,gtw knp, memang saya suka dgn tontonan yang satu ini..selain menyenangkan tentunya GRATIS kali yaa :D

Pertama Nonton saya berada dibelakang,jd saya cuma ngliat kepala2 org yg lg nonton jg,,aduhh ngenes bgt,sempet berfikir,waduh klo saya punya badan yang tinggi enak nih, ato klo gak td brangkat pake sepatu high hells,biar keliatan gt,,hahah ide yg konyol..dr babak 3-4 tetep aja saya berada dibelakang,gak kliatan sempet Frustasi mo pulang jg kmrn..dah desak2an,bauk gak karuan,pokoknya komplikasi,,sia2 ni td mandi skrg bauk saya aja mungkin dah melebihi mereka,,Belom lagi ni kaki berdiri dr td pegelnya minta ampun..Ya ampun ini Semua DEMI,untuk itu saya gak menyerah saya harus tetep berjuang untuk bisa maju ke depan,paling gak saya bisa menyaksikan lebih dekat lagi,pasti puas..

Yuhuuuu,,akhirnya usaha saya berhasil,gak sia2 Bo' ikut desak2an dan berjuang untuk bisa ke depan,wahhh tapi setelah sampe depan yang ada mlh jadi takut,kok kekna deket bgt yaa sm playernya, perasaan takut dan was2 pun langsung menyerubung dlm diri saya,Ya gmn engak bayangin aja 2kali pemainnya keluar dr arena,dan keluarnya pun deket  sekali dgn saya berdiri, waduhh jd merinding klo kena,dlm benak saya
terbesit,nanti klo saya kena,apa saya juga bakalan ikut joget2 seperti mereka yaa ..bener2 menakutkan tp seru,kemarin aja magrib saya baru pulang,,ckckckk

Pas udah Nonton didepan yg ada saya bnyk berdoa,krn disitu saya seolah2 liat setan berbentuk manusia,saya sempet bengong n berfikir kasian jg ya mereka hidupnya dikendalikan setan,ehh maksud saya pas saat
itu saja,bukan selamanya,dah gt mungkin setelah selese pertunjukan badan juga pastinya sakit capek,blm yg nantinya sakit parah,klo saya fikir kok mereka mau ya jadi gituan? materi yang mereka dpt tidak sebanding dgn  kontrisbusi yg telah mereka berikan pada kami..tp bagi saya mereka tetap istimewa dihadapan
kami para penonton,mereka menyajikan yang terbaik yang mereka bisa hanya untuk memuaskan para penonton,,SALUT juga sebenarnya..dan 1hal,bagi mereka yg bekerja dibidang seni seperti itu adl hal biasa untuk melakukan apa aja asal kami senang,,bener2 salut saya..


Setelah saya sempet Tanya2 pada ibu disamping saya,yg kebetulan juga lg liat waktu itu,,Rasanya Pgen jg suatu saat nanti saya bisa mengundang mereka untuk beraksi/bermain ditempet saya. Bisa dibayangkan betapa senangnya nanti klo memang bener2 bisa nonton didepan sendiri duduk dikursi manis sambil menikmati mereka bermain tanpa harus desak2an berdiri kepanasan. pasti menyenangkan,wlopun saya tau tidak murah memangil mereka,tp saya pgen,mknya nabung dr sekarang, insya allah bsk klo ada rejeki pasti kami akan bertemu kembali,amin..
Ini Nih fotonya :
 Maaf yaa,hanya beberapa gambar yang bisa tayang,itupun saya sempet2in krn memang susah sekali untuk ambil gambarnya,mo buat gerak badan aja saya gak bisa,ini beruntung banget bisa ambil gambarnya...#penuhperjuangan

3 comments:

  1. kalo aku serem liatnya..takut ngejar..hehhheee...

    TOP deh, yg berani ngambil gambar deket gitu...



    oya, mampir juga ya ke Blog saya, (follow jg boleh) maklum, newbie niihhh..hehheee

    my blog: Stylish Generation

    ReplyDelete
  2. tapi asiik loh kak liat kuda lumping :D
    asli orang jawa mana ya?

    ReplyDelete
  3. nice info :)
    next time pengen liat langsung :D
    tetep semangat lestariin budaya sob (y)

    ReplyDelete