Bete bukan rasanya
kalau kerjaan kita lagi numpuk dan sedang kejar deadline, tiba-tiba listrik
mati dan computer yang sedang kita gunakan tiba-tiba juga ikut mati, terlebih
lagi banyak dokumen yang belum sempat kita save.
Saya dulu sering,
karena memang Listrik dirumah saat itu tidak stabil dan sering banget mati,
padahal dokumen dan ketikan saya belum sempat saya save. Sudah gitu tidak ada
back up nya lagi. Saya pikir kalau setiap hari begini, saya juga capek dan
repot harus mengetik tiap hari, bukanya hal itu tidak efektif dan efisien.
Untuk mengantisipasi
hal tersebut terjadi lagi, akhirnya saya berinisiatif untuk mencari cara
agar dokumen-dokumen saya selanjutnya
bisa selamat dari kemungkinan terburuk mati listrik dan sebagainya.
Ternyata pada Microsfot
Office sebenarnya aplikasi atau cara untuk menyimpan secara otomatis tersebut
sudah ada, hanya saja waktu itu saya yang terlalu kudet sehingga tidak
memanfaatkan cara tersebut. Autosave yaitu cara menyimpan dengan otomatis.
Nah
bagi teman-teman yang belum tau, disini saya ingin share sedikit caranya :
1.Yang pertama tentunya
kita buka dulu Mw.word atau tampilan dokumen yang akan kita atur. Sebagai
contoh :
2.selanjutnya kita lihat di menu save, akan
terlihat beberapa pengaturan di kolom sebelah kanan, untuk mengatur autosave
tersebut. Mari ikuti langkah berikut.
Klik : File-Option-Save
sehingga akan muncul tampilan seperti berikut :
Untuk waktu autosave
serta tempat untuk penyimpanan dapat kita tentukan dan atur sendiri. seperti
contoh di atas, saya membuat save otomatis setiap 5 menit.
Jika sudah selesai
mengaturnya, kemudian bisa kita klik OK. Nah akhirnya selesai sudah dan dokumen
kita aman. Selamat mencoba !!
No comments:
Post a Comment